Langsung ke konten utama

Ternyata Aku Butuh KOPI


Seharian ini merasa kurang fit. Walaupun begitu aku tetap berusaha untuk mengerjakan perkerjaan rumah. Karena libur akhir tahun kali ini tidak ada kegiatan apa-apa. Ya walaupun memang sejak dulu tidak pernah mengisi kegiatan libur akhir tahun dengan kegiatan apa-apa. Hehe

Semenjak bangun tidur sampai dengan habis magrib merasa kepala pusing dan lemas. Sering kali mengeluh kepada abangku yang pertama. Dia menyarankan minum obat tapi aku tidak menurutinya.

“a, kepala gue pusing deh” keluh ku sambil duduk berdua dan menonton TV di ruang tengah.

“minum obat!” sarannya

“males gue” jawabku singkat

“minum racun aja lu” kembali memberikan saran tapi sedikit mengerikan yah gaes.

“Astagfirullah” jawabku dengan tatapan sinis sambil menahan tawa

“minum kopi ay, belom ngopi kali lu” kemudian dia berdiri dan pergi keluar rumah.

Tidak disangka, abangku kembali dengan membawakan dua bungkus kopi, dia melemparkan bungkus kopinya ke pangkuanku sambil meminta untuk menyeduhkan dua gelas kopi, untukku dan untuknya.

Bergegas aku ke dapur dan menyeduhnya. Kemudian aku dan abangku duduk di ruang tengah sambil menonton TV dan menyeruput kopi. Mantap…!!!

Sebenarnya aku tidak mengerti apa yang membuat kepala dan badanku tidak fit hari ini. Tapi percaya atau tidak, setelah meminum segelas kopi rasa pusingnya hilang.

Karena penasaran kenapa rasa pusing dikepalaku hilang stelah meminum kopi, akupun segera mengambil handphone untuk mencari artikel mengenai manfaat kopi. Ternyata benar kopi dapat meningkatkan energi dan menghilangkan stres karena kopi mengadung stimulan kafein yang apabila diminum akan mempengaruhi otak dan menghasilkan efek “rangsangan”. Efek tersebut dapat meningkatkan level  energi, suasana hati, kesadaran dan fungsi otak.

Percaya atau tidak?

Aku sih percaya. Ya bagaimana tidak, karena setelah meminum kopi rasa pusing di kepalaku menghilang. Huuhh.. untung saja tadi abangku melemparkan dua bungkus kopi yah. Bukan dua bungkus racun. Kalau racun, mungkin bukan rasa pusing saja yang hilang, tapi semua rasa hilang. Termasuk rasaku kepadamu. Eyak.. (apasih ngaco deh)

Nah, Segala sesuatu di ciptakan oleh Allah tentu ada manfaatnya gaes. Tapi ingat, jangan berlebihan mengkonsumsi kopi karena tidak baik. Segala sesuatu yang berlebihan itu dilarang seperti firman Allah dalam surat Al-A’Raf 7:31 yang berbunyi “hai anak Adam pakailah pakaian yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan & minumlah dan jangalah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”

Semoga bermanfaat ya gaes.

Salam hari ke-28 dibulan Desember tahun 2016, tetap semangat dan Positif.

Siti Ayuni
30DWC day 28

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flashback

Semakin bertambah umur,  hati ini semakin sensitif menghadapi hiruk pikuk kehidupan. Ketika sepi melanda, bayang-bayang tentang masalalu hadir dan teringat bahwa dulu diri ini pernah tidak diterima oleh sekelompok orang yang cara berpikirnya berbeda. Aku mungkin paling lemah diantara mereka semua. Saat begitu banyak cacian aku tidak dapat melakukan apa-apa. Hanya air mata yang bisa mengobati perihnya hati. Tapi saat merasa terluka dan tidak diterima, Tuhan mengirimkan aku seseorang yang ternyata membutuhkan aku untuk dikuatkan. Saat kita bersama kita merasa kuat. Saat kita terpisah kita merasa lemah. Tidak banyak orang yang bisa menerima sifatku yang kadang pemarah tapi kadang terlalu sensitif dan menangis tiba-tiba. Oleh sebab itu aku hanya memilih sedikit orang untuk aku kategorikan sebagai sahabat. Waktu aku di sekolah dasar, aku merasa di jauhi banyak orang karena sifatku. Aku mengikuti sebuah organisasi barulah aku merasa bahwa aku mempunyai teman. Tapi selepas dari itu aku teta

Lillahi ta'ala dalam Sholat

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh Hari ini saya ingin bercerita sedikit mengenai sholat . Tadi subuh saya mendengar kultum di salah satu stasiun TV swasta, kira-kira pak Ustadz nya bilang begini " banyak orang yang melaksanakan sholat karena ingin mendekatkan diri kepada Allah. Tapi banyak juga orang yang melaksanakan sholat karena mereka ingin berlari dari Allah" Yang dimaksud melaksanakan sholat karena ingin berlari dari Allah disini adalah mereka yang mengerjakan sholatnya agar gugur kewajiban mereka sebagai orang muslim.  Dan mksdnya menjauh dari Allah adalah, ibadah yang mereka kerjakan tidak diniatkan " lillahi ta'ala" tapi hanya ingin disebut bahwa mereka Islam dan terbilang muslim yang taat (dimata manusia) yang melaksakan rukun Islam tanpa punya niat Lillahi ta'ala. Astagfirullah .... Seketika saya berpikir, saya termasuk kedalam golongan yang mana? Hati saya perih seketika. Jangan-jangan saya termasuk kedalam golongan orang yang mela

Wanita Penikmat Kopi

Hari ini ingin sedikit bercerita tentang seorang wanita yang baru saja saya kenal di awal Agustus tahun 2016 lalu. Beda usia dia kira-kira 4 tahun lebih muda dari pada saya. Kesan pertama saat pertama kali berjumpa cukup baik, pertemuan kami diawali dengan sebuah jabatan tangan dan ciri khas saya saat pertama kali bertemu dengan orang yang baru saya kenal “hai” atau “Halo”. Saat itu dia hanya membalas sapaan saya dengan senyuman. Saya berkenalan dengan dia karena saya dikenalkan oleh seorang teman yang hobi mendaki gunung, jadi saat itu kami bersama-sama mendaki gunung Prau selama 3 hari. Singkat cerita, setelah pendakian gunung berakhir pertemanan kami tidak ikut berakhir juga. Kami masih sering main bersama walau hanya sekedar berbincang dan memesan secangkir kopi. Mamay bercerita bahwa dia sangat suka dengan kopi. O iya, namanya adalah Nurul Humaira saya biasa memanggilnya Mamay. Jadi kali ini saya akan menceritakan tentang mengapa dan sejak kapan Mamay mulai menggemari kopi.